Kamis, 08 Januari 2015

KIAT MEMPERSIAPKAN DIRI KETIKA MENDAPATKAN PANGGILAN KERJA

    Ketika lulus dari perguruan tinggi atau sekolah menengah lanjut tentu dengan usia tersebut kita akan menghadapi kebutuhan akan dunia pekerjaan dimana jumlah lapangan pekerjaan yang ada tidak sebanding dengan banyaknya sumber daya manusia yang ada. Dengan demikian maka persaingan dalam mendapatkan pekerjaan adalah hal yang pasti dan akan menimbulkan masalah bagi yang tidak mampu untuk bersaing. Oleh karena itu melamar pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan oleh orang yang memiliki kekurangan dalam hal hubungan dengan perusahaan sehingga teknik dalam melamar pekerjaan menjadi wajib untuk diketahui.
    Ketika melamar suatu pekerjaan tentu kita akan menghadapi panggilan kerja apabila syarat administrasi telah terpenuhi dan mencapai kriteria yang diinginkan perusahaan. Salah satu bentuk dari panggilan kerja adalah wawancara. Wawancara kerja adalah salah satu momen bagi sebagian orang menjadi penentu untuk mendapatkan pekerjaan, setidaknya selangkah lebih maju untuk mendpatkan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka tersebut.

  Saat wawancara tentu kebanyakan orang akan merasa gugup dalam menghadapinya. Selain harus memperhatikan segi kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki, keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut juga memberikan pengaruh terhadap lolos tidaknya ketika di interview. Oleh karena itu perlu tips agar dapat mempersiapkan diri ketika diwawancara. Berikut in adalah kiat atau tips dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara :

  • Buat resume menarik agar diperhatikan oleh bagian HRD.
  • Riset tentang perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan.
  • Review kelebihan dan kekurangan kita agar mampu menunjukkan bakat dan kekuatan kita.
  • Perhatikan penampilan agar mendukung proses wawancara.
  • Tepat waktu dalam menghadiri wawancara agar memberikan kesan yang baik bagi pewawancara.
  • Tersenyum agar menarik perhatian pewawancara
  • Kontak mata dengan serius agar menimbulkan kesan minat terhadap pekerjaan yang ditawarkan dalam lowongan pada saat diwawancara.
  • Tidak gugup dalam menghadapi wawancara agar dapat fokus dalam menghadapi wawancara.
  • Jawab dengan benar ketika ditanya tentang gaji, bila perlu dinegosiasikan agar sesuai dengan kelebihan, bakat dan pengalaman kita.
  • Ikuti perkembangan perusahaan tersebut bila perlu mengirim balasan e-mail dengan jawaban yang cocok jika mendapat e-mail dari perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar