Sabtu, 17 Januari 2015

REVOLUSITELKO, Operator Telekomunikasi, dan Konsumen




            Revolusi telko itu sendiri adalah sebuah gerakan yang berusaha melakukan perubahan yang terkait dengan pelayanan telekomunikasi dari pihak operator kepada konsumen agar menjadi lebih baik. jadi dengan adanya revolusi telkoo tersebut pihak operator akan lebih meningkatkan pelayanannya kepada konsumen dari permasalahan yang sering dijumpai sebelumnya. Beberapa hari yang lalu saya dan rekan - rekan menghadiri forum diskusi yang diadakan oleh forum icity indosat, diacara tersebut dihadiri oleh beberapa komunitas, Seperti Komunitas Blogger, Lintas Me, handphone Gue, Kurio. Pada forum diskusi tersebut dipimpin oleh seorang moderator yaitu Mas Yudho Hartono untuk membahas tentang revolusi telko.

            Sebelum diskusi, para peserta yang hadir diberikan terlebih dahulu sebuah kertas oleh moderator yang dimana pada kertas tersebut saya dan peserta lainnya diberitahukan dahulu oleh moderator untuk mengambarkan sebuah hal yang berkaitan dengan permasalahan yang sering dihadapi konsumen dam penggunaan layanan telekomunikasi yang disediakan oleh operator. pada kesempatan itu saya membuat gambar yang cukup sederhana, yaitu saya membayangkan pada saat ini kebanyakan operator itu memberikan quota internet sesuai dengan pilihan konsumen namun terkadang ketika quota tersebut sudah mulai habis tidak ada pemberitahuan bahkan langsung menggunakan pulsa yang dimiliki konsumen tanpa pemberitahuan maupun jin dari pengguna internet tersebut sehingga menimbulkan kerugian.

            setelah itu kita berdiskusi mengenai internet diindonesia itu seperti apa? disesi ini banyak yang curhat tentang internet diindonesia mulai dari koneksinya yang kadang pada saat diperlukan itu koneksinya buruk, sedangkan jika sedang tidak diperlukan koneksinya stabil, ada juga yang susah mendapatkan koneksi internet apabila sedang keluar kota, dan untuk tarif antara jakarta dengan indonesia timur, tarifnya lebih mahal dengan indonesia timur. padahalkan masih dalam negara indonesia tapi tarifnya bisa berbeda. Ditambah lagi dengan infrastruktur yang belum memadai bagi daerah pelosok di Indonesia mengakibatkan beberapa teknologi telekomunikasi terbaru tidak dapat dijangkau sehingga belum dirasakan masyarakat daerah tersebut


            Saat ini banyak sekali operator yang menyediakan pilihan paket internet mulai dari yang quotanya sedikit, hingga yang quotanya banyak. namun terkadang jika kita beli yang quotanya sedikit terkadang quota kita sudah habis terlebih dahulu dan jika kita beli yang quotanya banyak kita sisa quotanya terkadang pada saat masa aktif paketnya habis masih banyak quota yang tersedia, dan apabila kita memperpanjang paket, quotanya pun tidak terakumulasi sehingga terbuang percuma dan menimbulkan kerugian bagi konsumen tersebut.
            Masalah selanjutnya yang diterjadi indonsia adalah banyaknya operator yang sering berkampanye dalam memberikan layanan terkait dari jasa yang ditawarkannya. Ada yang menjanjikan internet, smes, dan telepon gratis, quota berlimpah, sampai mendapatkan pulsa tambahan. Namun ternyata ada udang dibalik batu, artinya bahwa ada persyaratan yang harus dipenuhi pelanggan dalam mendapatkan bonus tersebut. Belum lagi pulsa yang hilang tiba-tiba. lah kok pulsanya bisa hilang padahal kita tidak gunakan untuk apa-apa. pengelaman ini saya pernah alami pada saat menggunakan operator merah. ketika saya bermain internet, ketika saya sedang asiknya browsing disosmed tiba-tiba muncul iklan untuk melanjutkan browsing.  pada awalnya saya tidak sadar bahwa pulsa saya hilang. taunya pada saat saya mendapatkan sms premium, padahal sms tersebut tanpa konfirmasi dari saya. kerena saya tidak ingin pulsa saya tersedot terus maka saya mendatangi costumer servisnya untuk menghentikan sms premium tersebut. berharapnya si pulsanya bisa balik kembali. tapi apa boleh buat saya hanya bisa pasrah saja dan menerima kerugian yang tidak sedikit tersebut.
 
            Kesimpulannya adalah pemerintah sebagai regulator harus memberikan kebijakan yang adil antara konsumen dengan operator agar tidak ada yang dirugikan dari kedua belah pihak, disamping itu pemerintah juga harus aktif dalam mengawasi operator jika perlu sebaiknya memberikan sanksi yang tegas terhadap operator yang melakukan pelanggaran dan seharusnya ketika layanan yang digunakan bermasalah konsumen mendapatkan kompensasi sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan operator dan kerugian yang dialami oleh konsumen,sehingga dengan adanya kompensasi tersebut operator akan berusaha untuk memberikan pelayanan yang bagus kepada konsumen agar konsumen tidak mengalami banyak kerugian dimasa mendatang.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar