Rabu, 29 Oktober 2014

Pengantar Bisnis Informatika : Aspek Pemasaran PT. BinaData Mandiri



Aspek pemasaran PT BinaData Mandiri

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aspek pemasaran produk dari IBM dimana PT. BinaData Mandiri sendiri adalah perusahaan penyedia jasa produk software maupun hardware dari IBM.  Adapun pokok bahasan kali ini adalah mengenai spesifikasi produk, segmentasi produk, analisis situasi pasar, analisis pesaing, strategi promosi dan media promosi berbasis IT. Berikut ini adalah bahasanya satu persatu :



  • Spesifikasi Produk

Spesifikasi produk System Storage IBM yang ditawarkan PT. BinaData Mandiri terdiri dari 2 macam, yaitu :

         Disk System
v  Storwize V7000

IBM Storwize® V7000 memberikan performa yang tak tertandingi, ketersediaan, fungsi-fungsi lanjutan, dan kapasitas yang sangat scalable pernah terlihat sebelumnya dalam sistem disk midrange. IBM Storwize V7000 adalah sistem disk midrange kuat yang telah dirancang untuk mudah digunakan dan memungkinkan penyebaran cepat tanpa sumber daya tambahan. Storwize V7000 menawarkan IBM virtualisasi storage, optimasi SSD dan "thin provisioning" teknologi dibangun untuk meningkatkan utilisasi storage dan untuk memungkinkan sistem untuk dikonfigurasi ulang untuk memenuhi perubahan kebutuhan dengan cepat dan mudah sehingga lebih efisien.

Kapasitas : Hingga 24 TB penyimpanan fisik dengan menggunakan 2 TB dekat-line                    modul SAS disk drive pada 2076-112 Model, atau sampai dengan penyimpanan fisik 14 TB menggunakan 600 GB SAS modul disk drive
Fungsi     : 16 GB memori cache (8 GB per RAID controller internal) sebagai fitur dasar
v  DS 4700


Dalam upaya berkelanjutan untuk memberikan solusi penyimpanan yang dirancang untuk memberikan total biaya rendah kepemilikan, kinerja tinggi, fungsi yang kuat, dan kemudahan penggunaan yang tak tertandingi, IBM menawarkan IBM System Storage DS4700 ™ Express. sebagai bagian dari seri DS4000, DS4700 yang Ekspres menawarkan kinerja tinggi 4 Gbps yang mampu Koneksi Fibre Channel, hingga 33,6 TB Serat Menyalurkan kapasitas penyimpanan fisik, 112 TB SATA kapasitas fisik penyimpanan, dan sistem manajemen yang kuat, manajemen data dan data fitur perlindungan. The DS4700 Express dirancang untuk memperluas dari workgroup ke perusahaan & 45; wig dengan kemampuan dengan hingga enam Fibre Channel unit ekspansi dengan EXP810 DS4000 Ekspansi unit menambah kinerja.

penyimpanan fisik            : 33,6 TB Fibre Channel,
Kapasitas                       : 112 TB SATA
Cache                            : Hingga 4 GB
Host port                       : 8-4 Gbps Fibre Channel (model 72), 4-4 Gbps Fibre Channel (model 70)
Port Disk                        : 4-4 Gbps Fibre Channel

v  DS 5000

Seri DS5000 dirancang untuk memenuhi hari ini dan menuntut persyaratan terbuka sistem besok sambil membentuk standar baru untuk siklus hidup panjang umur dengan kartu antarmuka host lapangan-tergantikan. DS5000 yang arsitektur seri generasi ketujuh memberikan tanpa henti performa, kehandalan nyata, skalabilitas multi-dimensi dan perlindungan investasi belum pernah terjadi sebelumnya.
Kapasitas 115,2 TB          : (menggunakan semua disk drive Fibre Channel), 256 TB (menggunakan semua disk drive SATA)
Manajemen Penyimpanan DS Storage Manager
Kinerja                 :  Hingga 700.000 IOPS cache dan sampai 6.400 meledak throughput yang cache membaca
Solusi                            : Oracle, SQL, Exchange, VMware, DB2
v  DS 8000

Dibuat khusus untuk perusahaan menengah dan besar, seri IBM TotalStorage DS8000 menawarkan sistem penyimpanan berkapasitas tinggi yang dirancang untuk memberikan lompatan generasi-skipping kinerja, skalabilitas, ketahanan dan nilai.


IBM System Storage XIV® adalah high-end sistem penyimpanan terbuka disk generasi berikutnya. Bagian dari spektrum yang luas IBM penyimpanan sistem dan SAN persembahan, Sistem Storage XIV adalah inovatif, sistem perusahaan disk yang didasarkan pada grid standar, off-the-rak komponen hardware. Sistem IBM XIV mempekerjakan arsitektur penyimpanan dirancang untuk memberikan tingkat tertinggi kinerja, kehandalan, dan fungsionalitas dikombinasikan dengan mudah belum pernah terjadi sebelumnya dari manajemen dan TCO sangat rendah.
v  EXP 810
The DS4000 EXP810 adalah disk drive enclosure terbaru di DS4000 Series produk. Kandang 3U ini memiliki 4 Gbps Fibre Channel (FC) interface, dan mendukung hingga 16 disk Drive sehingga kapasitas meningkat.
Scalable                   :  4 Gbps siap IBM System Storage EXP810 Storage jenis mesin Ekspansi Unit (1812-81A) menawarkan 16-bay kandang disk baru untuk dipasang karena DS4000 Midrange Disk Systems, dengan sampai 4,8 terabyte (TB) kapasitas fisik per unit ekspansi menggunakan enam belas 300 GB disk drive. Storage EXP810 Ekspansi Unit dirancang untuk mengakomodasi 2 Gbps Fibre Channel Peningkatan Disk Drive Modul (E-DDM), serta 4 Gbps Fibre Channel Peningkatan Disk Drive Modul (E-DDM), atau 4 Gbps Serial ATA (Advanced Technology Attachment) dan Peningkatan Disk Drive Modul (E-DDM).
dukungan AC dan DC : Mendukung berlebihan (AC) atau (DC) listrik dan pendinginan modul, dan ESM interface.


            Tape System
v  TAPE 3580

Menawarkan terobosan dalam kapasitas, kinerja, dan kehandalan untuk midrange dan jaringan lingkungan penyimpanan tape
v  TAPE 3581

Kinerja tinggi - kecepatan transfer data yang berkelanjutan hingga 30 MB / detik dengan data terkompresi
v  TAPE 1120

Dirancang untuk mendukung Business Continuity dan Informasi Lifecycle Management
v  TAPE 1130

Mendukung Write Setelah Baca Banyak (WORM) kartrid untuk membantu memenuhi persyaratan kepatuhan

v  TAPE 2340

Dirancang untuk memberikan kapasitas tinggi dan kinerja untuk mengatasi cadangan yang paling menuntut dan persyaratan pengarsipan.


v  TAPE 3100

Dibuat khusus untuk perusahaan menengah dan besar, seri IBM TotalStorage DS8000 menawarkan sistem penyimpanan berkapasitas tinggi yang dirancang untuk memberikan lompatan generasi-skipping kinerja, skalabilitas, ketahanan dan nilai.

v  TAPE 3200

Scalable, penyimpanan berkinerja tinggi untuk lingkungan permintaan

v  TAPE 3310


Mendukung Business Continuity dan Informasi Lifecycle Management

v  TAPE 3400

Scalable, penyimpanan berkinerja tinggi untuk lingkungan permintaan

v  TAPE 3500

solusi tape sangat scalable untuk Sistem z, IBM Virtual Tape Server dan Sistem Terbuka

v  TAPE 7650G

  * Dirancang untuk meningkatkan cadangan dan operasi pemulihan

        * Membantu melindungi data yang berharga lebih efisien dan  kehandalan.

        * Biaya dan penggunaan energi operasional yang rendah dapat menghemat uang

IBM System Storage TS7650 ProtecTIER® Deduplication Appliance adalah solusi terintegrasi lengkap penyimpanan IBM, Server IBM dan ProtecTier software deduplication data. Solusi terintegrasi ini memudahkan untuk menyebarkan dan mengintegrasikan ke dalam lingkungan backup yang ada. Ketiga unsur bergabung untuk menawarkan kapasitas yang tinggi, kinerja tinggi dan sasaran yang sangat terukur untuk backup dan arsip data yang dilakukannya.

v  TAPE 2230

Perlindungan investasi dengan inovasi yang penting

v  TAPE 7700

Created specifically for medium and large enterprises, the IBM TotalStorage DS8000 series offers high-capacity storage systems that are designed to deliver a generation-skipping leap in performance, scalability, resiliency and value.

v  TAPE 2240

Scalable, penyimpanan berkinerja tinggi untuk lingkungan permintaan

  •  Segmentasi Produk

PT. BinaData Mandiri dalam memasarkan produknya dalam hal storage System menyasar produknya ke kalangan perusahaan dengan skala menengah ( middle End Level ) hingga kalangan perusahaan skala atas hingga global ( High End Level to Global Scale ). Begitu juga dengan produk softwarenya

  •  Analisis Situasi Pasar

Dengan mengandalkan nama besar produk yang ditawarkannya, PT. BinaData Mandiri selaku distributor resmi produk IBM memprediksi bahwa perkembangan teknologi System storage di Indonesia kedepannya akan menitikberatkan pada teknologi Big Data. Oleh karena itu perusahaan harus mampu membuat kebutuhan akan teknologi Big Data tersebut terpenuhi dimana nantinya perusahaan pengguna produk yang ditawarkan mampu memiliki daya saing dengan perusahaan lainnya. Dengan demikian maka jika PT. BinaData Mandiri mampu mengembangkan metode dalam pengelolaan Teknologi Big Data tersebut menjadi lebih efisien dengan produk yang ditawarkan maka akan menyebabkan perkembangan teknologi tersebut dan kebutuhan System Storage akan menjadi meningkat.
Selain itu perusahaan juga harus dengan cepat memperluas bisnis mereka dan secara efektif mengelola data berharga yang mereka miliki. Solusi end-to-end IBM (perangkat keras, piranti lunak dan layanan) dirancang untuk memastikan perusahaan-perusahaan menengah memiliki solusi-solusi sederhana dan dapat mengatasi berbagai kendala yang dihadapi semua perusahaan dengan dukungan jaringan Mitra Bisnis IBM yang luas. Solusi tersebut mudah diakses dan dikelola serta dibandrol dengan harga yang terjangkau, sehingga perusahaan kelas menengah dapat memanfaatkannya untuk mentransformasikan model bisnis mereka secara inovatif.

  •   Analisis Pesaing

Berdasarkan pangsa pasar maupun perang atas Merk akan kebutuhan System storage maka dipastikan bahwa pesaing PT. BinaData Mandiri selaku distributor resmi produk IBM banyak, diantaranya dari IBM Indonesia selaku produsen produk IBM dimana IBM Indonesia mampu mengembangkan teknologi terbarunya lebih cepat dibanding perusahaan lainnya ditambah AVNET Data Solutions juga selaku distributor resmi IBM mampu melakukan banyak inovasi akan produk yang ditawarkannya dengan mengadakan seminar maupun workshop serta memberikan banyak diskon bagi membernya dan dari perusahaan pesaing dalam hal software System Storage seperti Microsoft Server serta dari distributor Pesaing dengan Merk yang berbeda misalnya Buffalo dimana distributor resmi produk tersebut cukup banyak.

  •    Strategi promosi

Untuk media promosinya, PT. BinaData Mandiri menggunakan ajang pameran baik berskala lokal maupun nasional dimana dengan memamerkan teknologi dari produk yang ditawarkannay diharapkan mampu meningkatkan kinerja dari System Storage perusahaan rekanan dalam hal pengelolaan Big Da. Selain itu juga taberupaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan kecil dan menengah di kota-kota kecil dengan solusi-solusi bertenaga besar yang mudah diinstal dan mudah dikelola dengan harga terjangkau.
Dalam memaerkan produk di ajang yang digunakannya, BinaData Mandiri juga menawarkan diskon yang menarik bagi calon pembeli dimana nantinya diharapkan mampu menjaring konsumen lebih banyak serta menawarkan konsultasi sebagai sarana untuk mengetahui akan kebutuhan konsumen mengenai System storage di Indonesia.

  •   Media Promosi Berbasis IT

Dalam promosinya, PT. BinaData Mandiri menggunakan media internet maupun media cetak. Untuk media berbasis IT perusahaan tersebut memiliki website resmi yang dapat diakses siapa saja dan dimana saja guna mempermudah promosi terhadap produk yang ditawarkan. selai itu juga digunakan media sosial seperti twitter maupun facebook sebagai sarana untuk bertanya langsung kepada pengguna produk mengenai kualitas maupun saran yang diberikan karena media sosial merupakan sarana media digital terpopuler saat ini dimana antara satu pengguna dengan lainnya dapat melihat apa yang sedang dilakukan dengan mengetikkan postingan ke dalam media sosial tersebut.

  •    Komentar

Menurut saya perkembangan teknologi System Storage di Indonesia sudah mengalami perkembangan pesat sejak 10 tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari bertambahnya infrastruktur berbasis digital yang ada di Indonesia. Big Data merupakan satu dari beberapa teknologi dengan memanfaatkan System Storage yang saat ini sedang populer di Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu diperlukan perangkat penunjang yang mumpuni. PT Bina Data Mandiri telah mengetahui akan hal tersebut dan menyediakan berbagai teknologi dibidang Storage System dengan kemampuan yang handal.
Saat ini banyak dikembangkan teknologi System Storage untuk kalangan usaha kecil atau rumahan(Home Industry) yang menggunakan teknologi Big Data. Harga yang terjangkau disertai dengan spesifikasi yang handal dan optimal merupakan suatu kebutuhan yang harus ditangani oleh PT. BinaData Mandiri. Namun sayangnya perusahaan tersebut tidak menyediakan perangkat dengan harga dan kemampuan yang diharapkan kalangan tersebut. Alangkah baiknya jika disediakan disertai dengan promosi yang tentunya akan menggairahkan bisnis System Storage di Indonesia.





Referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar