Rabu, 15 Oktober 2014

Motivasi Belajar


     Motivasi Belajar Menurut Mc. Donald, yang dikutip Oemar Hamalik (2003:158) motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini, dapat dikatakan bahwa motivasi adalah sesuatu yang kompleks.
         Motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri manusia, sehingga akan bergayut dengan persoalan gejala kejiwaan, perasaan dan juga emosi, untuk kemudian bertindak atau melakukan sesuatu pada kegiatan belajarnya.
       Dalam A.M. Sardiman (2005:75) motivasi belajar dapat juga diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu.

         Dari beberapa pendapat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai.
        Semangat dan motivasi belajar harus selalu dijaga, karena dari situlah masa depan kita berawal. Motivasi membuat seseorang memiliki arah dan tujuan dalam apa yang harus dan ingin dia capai. Tanpa motivasi belajar maka seseorang akan kehilangan minat untuk melakukan kegiatan belajar. Berikut ini adalah beberapa kata bijak yang mungkin membuat seseorang menjadi termotivasi untuk belajar atau hal-hal yang berguna :
  • tidak ada yang bisa kita raih jika tidak mau belajar. Jika ada bayi yang tidak mau belajar bicara dan berjalan, maka ia tak akan bisa melakukan keduanya ketika di masa depan nanti.
  • belajar adalah investasi yang sebenarnya. Karena investasi akan kembali dengan jumlah yang ratusan bahkan ribuan kali lebih besar dari sebelumnya.
  • Sesulit-sulitnya belajar lebih sulit kalau tidak mempelajarinya. Karena modal dari hidup bukan materi, tapi ilmu dan pengalaman
  • Hasil dari ilmu adalah tindakan, bukan pengetahuan.
  • Antara ilmu satu dengan lainnya memilki kaitan dan saling menguatkan. Semakin banyak ilmu yang anda pelajari, semakin mudah bagi anda memahami ilmu yang lainnya.
  • Belilah masa depan dengan ilmu dan bekerjalah dalam perusahaan yang bernama ‘belajar’ agar mendapat gaji berupa ilmu yang melimpah.
  • Belajar akan lebih bermanfaat jika dilakukan bersama. Karena akan menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi ilmu.
  • Mata uang yang abadi di dunia ini adalah ilmu. Tanpanya kita tidak bisa membeli apapun.
  • Keberuntungan bisa diprediksi karena selalu mendatangi orang-orang yang berilmu.
  • Di masa tua nanti dengan ilmu kita tak perlu mengeluarkan tenaga otot lagi untuk bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar