Selasa, 23 April 2013

FACEBOOK SEBAGAI SOCIAL NETWORK


Sejarah facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.



Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia 13 tahun.




Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun FacebookMark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi"Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard. Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.




Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.




Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web yang berdomain The Facebook.com yang 


Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap  Zukerberg namun pada akhirnys dspst diselesaikan olehnya tanpa ada dampak yang lebah lanjut.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.





Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai pembelian yang fantastis,yakni dikisaran harga yang mencapai $200.000 untuk sebuah situs yang baru dirilis.




Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada pembukaan saham(IPO) di tahun 2013 kemarin.




Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010 Facebook juga menjadi jejaring sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.


Facebook adalah situs jejaring sosial yang ditemukan dan dirancang oleh Mark Zuckerberg, jika ada orang yang bisa dibandingkan dengan Bill Gates, maka Mark Zuckerberg-lah orangnya, keduanya sama-sama mahasiswa drop-out dari universitas Harvard dan keduanya merupakan sosok orang yang sukses luar biasa dalam usia muda terutama remaja masa kini, jika Bill Gates menemukan Microsoft maka Mark Zuckerberg menemukan Facebook yang kini memiliki kekayaan lebih dari 1.5 miliar dolar AS.
Pada awalnya Facebook hanya diperuntukan khusus untuk Mahasiswa/Mahasiswi diHarvard sehingga hanya pengguna dengan alamat email Harvard yang bisa bergabung dengan jaringan Facebook.  Melihat perkembangan Facebook yang sangat pesat, investor mulai berani menginvestasikan uangnya pada proyek yang dianggap mempunyai masa depan yang cerah ini, pada akhir tahun 2004 akhirnyaMark Zuckerberg bersama dengan teman-temannya pindah dari Harvard setelah mendapatkan investasi dari Peter Thiel senilai $500.000, beberapa bulan berikutnya Facebook kembali mendapatkan investasi sebesar $12.700.000 dariAccel dan $27.500.000 dari Geylock yang membuat nilai perusahaan menjadi $40.000.000.
Perkembangan selanjutnya, idealisme awal mulai berubah dan Facebook mulai terbuka kepada universitas lain yang ada, langkah ini menuai sukses luar biasa sehingga pada tanggal 26 September 2006 Facebook terbuka untuk semua orang yang memiliki alamat email, kini Facebook merupakan situs jejaring sosial atau situs pertemanan yang paling ramai dikunjungi dengan anggota mencapai lebih dari 200 juta pengguna (data April 2009).
Awal mula Facebook.
Mark Zuckerberg mulai mengenal pemrograman pada kelas enam dengan panduan dari buku C++ for Dummies dengan kemampuan yang sangat baik, Mark Zuckerberg juga dikenal sebagai seorang yang idealis dan tidak begitu peduli dengan uang, program pemutar MP3 buatannya pernah ditawar oleh perusahaan besar namun ditolaknya.
Ketika berada di Universitas Harvard, Mark Zukerberg pernah membuat situscoursematch.com yang memungkinkan mahasiswa mendaftarkan mata kuliahnya secara online sembari melihat daftar kuliah dari mahasiswa lainnya, Mark Zukerberg juga pernah membuat situs facemash.com yang secara ilegal akan mengambil foto-foto teman sekelasnya dan menampilkannya berdampingan dengan foto binatang.  Mark Zukerberg juga pernah melakukan pencurian data penghuniHarvard dan menceriterakannya kepada publik melalui situsnya, akibat perbuatannya ini situsnya menjadi terkenal dalam waktu yang singkat sekaligus membuat situs ini berumur sangat pendek hanya sekitar 4 jam karena ditutup oleh pihak kampus.
Karena kasus ini Mark Zuckerberg diajak bergabung oleh 3 orang mahassiswa kaya di Harvard yakni Divya Narendra, Tyler Winklevoss dan Cameron Winklevossuntuk mengerjakan proyek yang mereka impikan yaitu situs komunitas khusus untuk lingkungan kampus karena proyek ini tidaklah mudah dan dibutuhkan pemrograman tingkat tinggi namun diam-diam ternyata Mark Zuckerberg sedang mengembangkan websitenya sendiri dan sering berhubungan secara intensif denganAaron J. Greenspan yang sebelumnya telah membuat situs sosial networkingdilingkungan kampus tetapi akhirnya ditutup juga karena pelanggaran privasi, bahkan Mark Zuckerberg meminta Aaron J. Greenspan untuk membantunya menyelesaikan proyek rahasia ini namun ditolak oleh Aaron J. Greenspan karenaMark Zuckerberg dianggap tidak profesional dan tidak meyakinkan dalam segala bidang.
Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook tidaklah sendirian, namun bersama teman terdekatnya Eduardo Saverin sebagai partner dengan nilai investasi $1.000, setelah Facebook diluncurkan 4 Januari 2004, antusiasme dari pendaftar mulai menimbulkan kesulitan dan menyebabkan Mark Zuckerberg mulai mencari partner lain untuk membantunya dalam hal programming, maka muncullahDustin Moskovitz sehingga status kepemilikan menjadi 65% untuk Mark Zuckerberg, 30% untuk Saverin dan 5% untuk Dustin Moskovitz, teman lainnya yang ikut membantu adalah Andrew McCollum (graphic Artist) dan Chris Hughesyang ikut memperkenalkan Facebook kepada publik. Ambisi Mark Zuckerberguntuk terus mengembangkan Facebook sekaligus menjadi situs bisnis terjawab setelah mereka berkenalan dengan Sean Parker, seorang asisten pendiri Napsteryang terkenal.
Ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, Trio Harvard Connection yang mengetahuinya merasa kebakaran jenggot, mereka segera mengadukan Mark Zuckerberg kepada pihak kampus dan mendaftarkan kasusnya ke pengadilan karena merasa dikhianati dan dirampok, mereka juga menuduh Mark Zukerbergsengaja menunda-nunda penyelesaian proyek yang diberikan kepadanya sembari membuat program Facebook untuk dirinya sendiri. Trio Harvard Connection juga segera meluncurkan situs mereka yang diberi nama ConnectU yang ternyata tidak laku karena setelah beberapa tahun hanya mampu mendapatkan 15.000 anggota.  Setelah bertarung di pengadilan selama 4 tahun akhirnya kasus ini diselesaikan secara tertutup dimana Facebook bersedia membayar sejumlah uang dan saham kepada ConnectU.
Facebook memang sukses, namun tidak demikian dengan orang-orang dalam lingkaran Mark zuckerberg.  Eduardo Saverin teman dekat Mark Zuckerbergakhirnya berselisih paham dengannya dan mengakibatkan dirinya terdepak dariFacebook, tidak hanya Eduardo Saverin, Sean Parker yang menjabat sebagai Presiden Facebook akhirnya juga harus mengundurkan diri karena oleh Mark Zuckerberg dituduh memiliki kokain dan sakaw saat menjalankan bisnis walaupun hal ini dibantah oleh Sean Parker.  Chris Huges akhirnya juga keluar dariFacebook dan bekerja untuk presiden Amerika terpilih Barack Obama.
Terbukti uang bukanlah segalanya bagi Mark Zuckerberg ketika ia menolak tawaran dari yahoo yang akan membeli Facebook dengan nilai $1.000.000, keputusan ini oleh sebagian kalangan dianggap keputusan yang gila karena menolak menjualnya dengan harga yang sangat tinggi, ternyata keputusan ini adalah keputusan paling pintar karena ternyata nilai Facebook jauh lebih tinggi daripada tawaran yahoo, pada tanggal 24 oktober 2007, Microsoft melakukan pembelian 1.6% saham Facebook dengan nilai $240 juta yang membuat nilai perusahaan Facebook menjadi $15 miliar.

Konsep yang digunakan Facebook


  • Penerapan Teori Uses and Gratification dalam Iklan Facebook
Teori Uses and Gratification dapat memberikan pemahaman mengapa situs jejaring sosial Facebook banyak digunakan, yang membuat Iklan Facebook juga banyak digunakan sebagai strategi promosi di era digital.Teori ini menjelaskan bahwa para penonton dapat memiliki media mana yang akan mereka konsumsi sesuai dengan fungsi media tersebut terhadap dirinya.Teori ini didasari pada persepsi bahwa khlayak bersifat aktif memilih media apa yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga media yang memiliki manfaat dan fungsi yang terbaiklah yang akan dipilih oleh masing-masing khalayak.
Apabila dihubungkan degan teknologi jejaring sosial Facebook maka dapat dikatakan bahwa Facebook memiliki pengguna yang cukup bayak diseluruh dunia karena teknologi ini mampu memberikan manfaat dan fungsi yang baik untuk para penggunanya. Kepercayaan khalayak mengenai fungsi dan manfaat Facebook tersebut membuat iklan Facebook mulai banyak dilirik untuk mengiklankan dan mempromosikan sesuatu, mengingat bahwa Facebook sendiri sudah dipercayai oleh khalayak dan sudah memiliki jumlah pengguna yang tidak sedikit, sehingga membuat iklan yang di buat juga dapat mencapai sasaran yang tidak sedikit pula, dan tentunya sasaran tersebut merupakan sasaran yang bersifat aktif seperti yang telah dijelaskan oleh teori Uses and Gratification.




  • GUI 


Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut; Colek, yang memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain (pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu. Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut. Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).



Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain. Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet bernama "Chat" ke sejumlah profil, yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop.




Facebook meluncurkan Gifts pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah virtual kepada temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap hadiah. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis. Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET, yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.


 Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti http://www.facebook.com/facebook dibandingkan dengan  http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728. Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion menyediakan aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari 150 juta pengguna aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang terdaftar pada 200 operator di 60 negara.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel, dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15 bulan dalam pengembangannya. 

Teknologi yang digunakan Facebook

             Faktanya Facebok ‘hanyalah’ situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun kini telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur teknologi lainnya dan memodifikasinya.
            Teknologi-teknologi pembantu yang dipakai situs jejaring sosial terbesar didunia ini adalah :


  • MEMCACHED
               Memcached sudah menjadi salah satu bagian penting dalam dunia internet pada era modern kini. Ini adalah sistem caching memori terdistribusi yang digunakan facebook sebagai sistem caching antara web server dan database server mereka. Selama bertahun-tahun facebook telah mengoptimalkan memchaced untuk keperluan mereka.
        Facebook telah mempunyai ratusan Memcached server dengan jumlah data yang telah di cache sebesar 10 Terabytes pada satu waktu (kemungkinan ini adalah instalasi memcached terbesar didunia).


  •  HIPHOP FOR PHP 
   PHP adalah scripting language, relatif lebih lambat jika dibandingkan dengan native language seperti C++. Hiphop mengubah kode PHP ke C++ yang kemudian dikompilasi untuk meningkatkan performa.
         Sebuah tim kecil di Facebook menghabiskan waktu 18 bulan hanya untuk mengembangkan Hiphop yang mereka klaim bisa mengurangi kinerja proses CPU  hingga 50%, dan sekarang telah di rilis ke public untuk anda nikmati.


  •   Web 2.0 :
         Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004. merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan marketing telah mengadopsi ungkapan ini.
          Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web.


  •  Haystack
           Haystack adalah sistem penyimpanan/pencarian foto berkinerja tinggi pada Facebook (Sesungguhnya Haystack adalah sebuah penyimpanan object, sehingga tidak menyimpan foto). Ia mengerjakan kerja berat, ada lebih dari 20 miliar foto yang diunggah di Facebook, dan masing-masing disimpan dalam empat resolusi yang berbeda, menghasilkan lebih dari 80 miliar foto.
       Dan hal tersebut bukan hanya tentang kemampuan menangani miliaran foto, kinerja juga sangatlah penting. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook melayani sekitar 1,2 juta foto por segundo, angka yang tidak termasuk gambar/foto dilayani oleh CDN Facebook.


  •  BigPipe
          BigPipe adalah sistem layanan halaman web dinamis yang dikembangkan oleh Facebook. Facebook menggunakannya untuk melayani setiap halaman web dalam beberapa bagian (disebut “pagelets” untuk menghasilkan kinerja yang optimal.
        Misalnya, jendela chat diambil secara terpisah, feed berita diambil secara terpisah, dan seterusnya. Pagelets ini dapat diambil secara paralel, sehingga kenerja tetap terjaga, dan juga memungkinkan user mengakses situs dengan baik meskipun beberapa bagian dinonaktifkan atau rusak.


  •   Cassandra
       Cassandra adalah un sistema source yang berfungsi sebagai menejemen database terdistribusi. Facebook kemudian mengembangkannya dengan NoSQL dan menggunakannya untuk fitur Inbox Search. Selain facebook, sejumlah layanan lain juga menggunakannya, misalnya Digg.


  •  Scribe
          Scribe adalah sistem logging fleksibel yang digunakan secara internal oleh Facebook untuk banyak tujuan. Ia dikembangkan untuk menangani logging pada Facebook, dan secara otomatis menangani kategori logging baru yang muncul.


  •  Hadoop dan Hive
      Hadoop adalah implementasi map-reduce open source yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan data dalam jumlah besar. Facebook menggunakannya untuk analisis data (dan seperti yang kita ketahui, Facebook memiliki data dalam jumlah yang besar).
          Hive dikembangkan oleh Facebook, dan dengannya dimungkinkan untuk menggunakan query SQL terhadap Hadoop, sehingga lebih mudah bagi non-programmer untuk menggunakannya.
        Baik Hadoop dan Hive adalah open source dan digunakan oleh sejumlah layanan besar, misalnya Yahoo dan Twitter.


  •  Thrift
          Facebook menggunakan beberapa bahasa yang berbeda untuk beberapa layanannya. PHP digunakan untuk front-end, Erlang digunakan untuk Chat, Java dan C + + juga digunakan di beberapa tempat (dan mungkin bahasa lainnya juga).
      Thrift adalah cross-language framework yang dikembangkan secara internal untuk mengikat semua bahasa yang berbeda tersebut, sehingga memungkinkan komunikasi antar bahasa tersebut. Hal ini memudahkan Facebook untuk pengembangan lintas-bahasanya.


  •  Varnish
          Varnish adalah akselerator HTTP yang bertindak sebagai penyeimbang beban dan juga konten cache yang kemudian dapat dilayani secepat kilat. Facebook menggunakan Varnish untuk melayani foto dan gambar profil, penanganan miliaran permintaan setiap hari. Seperti hampir semua yang digunakan Facebook, Varnish adalah de código abierto.

Kelebihan yang dimiliki facebook :


  • jika kita yang berjiwa-jiwa narsis ini, facebook adalah sarana yang cocok untuk mengapload beratus-ratus foto yang pada akhirnya orang lain bisa melihat diri kita, mengenal kita hanya dengan sebuah foto saja, seakan-seakan foto terkesan berbicara, padahal hanya dunia maya saja!.
  • TimeLine yang bisa dikatakan unlimited, shared apapun, maupun itu foto, youtube, musik, atau lain-lainnya yang bisa kita share kepada teman-teman, facebook lebih cendrung lebih terbuka dan mudah dibandingkan jenis sosial network lainnya, emang sih pada dasarnya Mark Zuckerberg pencipta facebook ini ingin membuat dunia lebih terbuka, di Facebook kita bisa mengadd sembarang teman seperti teman sekolah,rumah, maupun bukannya siapa-siapa yang kita kenal pun menjadi teman :).
  • Memiliki dinding Profile yang terlengkap, profile sangat penting dan menarik untuk sebuah hubungan pertemanan di Facebook, orang lain bisa melihat profile kita, apa jabatan kita, kita sekolah dimana, hobi dan kesukaan kita,dan lainnya. Dengan kelengkapan inilah facebook digemari tidak hanya kalangan kaula muda saja, bahkan orang dewasa memanfaatkan facebook dengan hal baik dan positif.
  • Penghubung yang terbaik dalam instalasi, dan pencarian yang mudah. Contoh kita sekolah di sekolah A, pada saat itu kita mencari teman yang dahulunya bersekolah di sekolah A tersebut, lalu add teman-teman yang dulunya bersekolah si sekolah A itu, jadi kita bisa tahu siapa saja yang dulunya bersekolah disekolah A, dan dapat memberi tahukan siapa saja yang ulang tahun hari ini juga, kita bisa menemukan teman kita dengan mencari namanya di pencarian. Facebook sangatlah praktis  dalam share ngshare, membuat acara, berkumpul, membuat diskusi dan sebagainya.
  • Sebagai ajang Promosi dan Iklan. tidak hanya itu saja facebook bisa dikatakan cepat dan mudah dalam pemasaran penjualan dan bisnis apa saja yang kita inginkan,
  • Facebook memiliki fitur game didalam applikasinya, facebook bisa dikatakan sosial network yang serba wah, kita bisa sangat gaul dengan facebook, fitur facebook bukan hanya sebagai ajang chat, komunikasi, share dan sebagainya, facebook pun menyediakan berbagai fitur game pula didalamnya. salah satunya ialah zynga poker, walaupun ini sebuah game yang bisa dikatakan judi dalam dalam dunia maya, namun disinilah facebook sangatlah mengasyikan dalam penyediaan berbagai fitur game didalamnya.

Pada Kekurangannya:


  • walau facebook sepertinya memiliki kesempurnaan dalam kecanggihan sosial networknya, masih ada kekurangan didalam facebook, seperti makin banyaknya pengguna Facebook dan juga masih ada plagiat disana sini, seperti memberi nama sama dengan artis, foto yang di unduh sama, sehingga kita tidak tahu mana orang itu yang asli dan mana yang bukan,
  • Mudah sekali orang lain mengambil foto kita dan Foto yang diupload atau download adalah foto-foto porno, sehingga dengan  mudah dan bebasnya orang yang menggunakan Facebook dengan niat yang negatif dengan mudah dia melakukannya di Facebook ini
  • Ajang menjatuhkan orang, gosip maksudnya, atau hinaan lewat komen jika si pengguna salah dalam menggunakannya, begitu terbukanya TimeLine Beranda didalam Facebook bisa semakin rentangnya keamanan privasi yang kita miliki.
  • Jika kita menggunakan perangkat untuk browsing facebook dengan menyimpan sandi atau tanpa melakukan  logout pada perangkat tersebut maka akan dengan mudah disalah gunakan oleh orang lain yang menggunakan perangkat tersebut.



Pemanfaatan & Pengembangan

          Facebook dalam pemanfaatannya bila dilihat sekarang ini sangatlah berpotensi besar baik dalam sisi bisnis, hiburan, maupun politik. Sudah banyak yang menggunakan Facebook dalam bidang bisnis misalnya sebagai tempat usaha penjualan baik sandang, pangan, maupun papan. dalam bidang hiburan, Facebook merupakan wadah yang tepat untuk el entretenimiento memberikan sebuah pengaplikasian baik dalam perfilm-an, musik, tari, maupun hiburan-hiburan yang lain. Dalam bidang politik, banyak politisi yang memanfaatkannya untuk berbagi info baik tentang keadaan politik para hacer campaña partai.
         Pengembangan Facebook bila dilihat cukup berubah secara signifikan, dari awalnya yang hanya sebatas catatan mahasiswa HARVARD UNIVERSITY hingga masa kini dapat dijadikan sebuah media yang tepat dalam menghasilkan berbagai aspek baik ekonomi, informasi dll dan tidak menutup kemungkinan di masa depan Facebook akan menjadi sebuah media yang sangat-sangat besar kapasitasnya untuk diperhitungkan oleh semua orang.Mungkin di masa depan nanti Facebook akn menjadi salah satu media untuk mengekspresikan dir maupun sarana bisnis mengingat social media ini kebanyakan oleh penggunanya digunakan untuk hal-hal seperti itu.Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah mengenai privasi yang terutama pada request permintaan pertemanan yang tidak bisa dihilangkan(pada saat muncul peringatan pertemanan tidak bisa kita tolak, hanya ditunda) ditambah lagi masalah permintaan aplikasi yang kadang sering mengganggu serta masalah fake account yang kian marak terjadi mudah-udahan bisasegara ditangani oleh Facebook.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar