New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar konten media. Lain janji penting dari media baru adalah "demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten tidak diatur.
Teknologi yang paling digambarkan
sebagai "media baru" adalah
digital, sering memiliki karakteristik
yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia
komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak
termasuk program televisi, film,
majalah, buku, atau
kertas publikasi berbasis -
kecuali mereka mengandung teknologi
yang memungkinkan interaktivitas digital Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan
internet diakses teks
digital, gambar. dan video dengan web-link, partisipasi
kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif
dan pembentukan komunitas peserta editor dan
donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook
adalah contoh dari model media sosial, di mana sebagian
besar pengguna juga peserta.
Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh
lebih kuat. Itu
tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai
memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki
organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada
akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan
berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer.
Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan
desain Web berlangsung tepat saat
yang sama ".
Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada model cetak dan
siaran analog, seperti televisi dan radio. Dua
puluh lima tahun terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang
ditautkan pada penggunaan teknologi digital, seperti game internet dan video. Namun,
contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan
komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh
munculnya televisi digital dan publikasi online. Bahkan
bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan
teknologi seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan
alat-alat desktop publishing.
Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
1.Mengubah arti jarak geografis.
2.Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi.
3.Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
4.Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
5.Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih
2.Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi.
3.Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
4.Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
5.Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih
Akibatnya
telah anggapan ulama seperti Douglas Kellner dan James Bohman bahwa media baru,
dan terutama internet, memberikan potensi untuk ruang publik demokratis
postmodern, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan
baik, non-hirarkis debat yang berkaitan dengan mereka struktur sosial. Bertentangan
ini penilaian positif dari dampak sosial potensial dari media baru adalah
sarjana seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa
transisi ke media baru telah melihat beberapa perusahaan telekomunikasi kuat
transnasional yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang
terbayangkan .
Cendekiawan, seperti
Lister et al. (2003)
dan Friedman (2005), telah menyoroti baik implikasi potensial dan aktual
positif dan negatif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya
awal ke dalam studi media baru bersalah determinisme teknologi - dimana efek
dari media ditentukan oleh teknologi
sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur
pengembangan pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan masa depan teknologi
apapun.
Definisi
Meskipun ada beberapa cara yang New Media dapat dijelaskan, Lev Manovich, dalam pengantar The New Media Reader, mendefinisikan New Media dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas.
Definisi
Meskipun ada beberapa cara yang New Media dapat dijelaskan, Lev Manovich, dalam pengantar The New Media Reader, mendefinisikan New Media dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas.
Teori Digital sebenarnya adalah suatu konsep pemahaman mengenai Teknologi dan Sains. di mana Teori Ini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Teori ini menyebabkan semua pekerjaan manusia yang tadinya dikerjakan secara manual, sekarang dapat dikerjakan secara otomatis. dan yang tadinya segala sesuatunya rumit, kini menjadi ringkas. Digital sendiri merupakan sesuatu yang kompleks dan bersitat fleksibel. hal ini membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. hal ini dikarenakan Teori Digital Sendiri selalu berhubungan dengan media dan media sendiri merupakan sesuatu yang terus berkembang seiring perkembangan zaman. Nah, pada saat ini, saya akan membahas tentang apa itu new media. new media sendiri merupakan media baru yang terbentuk sebagai akibat dari adanya interaksi antara manusia dan teknologi
New Media
Sedangkan New Media merupakan Media yang pada saat ini sekarang sedang berkembang dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Media ini berkembang baik dalam segi Teknologi, Komunikasi, Maupun Informasi:
Contoh New Media:
1.>Internet
2.>Computer
3.>Mobile Phone
4.>Web
5.>Dan lain sebagainya
Selain teknologi, new media juga tidak dapat dipisahkan dengan dunia digital. Hal Ini disebabkan karena sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh pada paradigma masyarakat tentang bagaimana cara pandang masyarakat dalam menghadapi suatu masalah baik yang bersifat sederhana maupun yang bersifat kompleks.
PEMANFAATAN NEW MEDIA
Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Twitter juga merupakan alternatif social network selain yang berguna untuk menghubungkan manusia dengan manusia di seluruh dunia dengan fasilitas tweet-nya. banyak sekali artis dalam negeri yang menggunakan jejaring sosial ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar