Sabtu, 06 Oktober 2012

NEW MEDIA

PENGERTIAN NEW MEDIA

New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar konten media. Lain janji penting dari media baru adalah "demokratisasi" dari, penerbitan penciptaan distribusi, dan konsumsi konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time baru, konten tidak diatur.
Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital  Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar. dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari model media sosial, di mana sebagian besar pengguna juga peserta.

SEJARAH NEW MEDIA

Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal ini. "Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer. Meskipun kausal terkait, secara konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat saat yang sama ".
Sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada model cetak dan siaran analog, seperti televisi dan radio. Dua puluh lima tahun terakhir telah melihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknologi digital, seperti game internet dan video. Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online. Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.

Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal pergeseran berpotensi radikal yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya" (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). W. Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, kekuatan ekonomi dan sosial tarik kembali dalam arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:
    1.Mengubah arti jarak geografis.
    2.Memungkinkan untuk peningkatan besar dalam volume komunikasi.
    3.Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
    4.Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
    
5.Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih     
Akibatnya telah anggapan ulama seperti Douglas Kellner dan James Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi untuk ruang publik demokratis postmodern, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan baik, non-hirarkis debat yang berkaitan dengan mereka struktur sosial. Bertentangan ini penilaian positif dari dampak sosial potensial dari media baru adalah sarjana seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa perusahaan telekomunikasi kuat transnasional yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang terbayangkan .
Cendekiawan, seperti Lister et al. (2003) dan Friedman (2005), telah menyoroti baik implikasi potensial dan aktual positif dan negatif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah determinisme teknologi - dimana efek dari media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan masa depan teknologi apapun.
Definisi
Meskipun ada beberapa cara yang New Media dapat dijelaskan, Lev Manovich, dalam pengantar The New Media Reader, mendefinisikan New Media dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas.

TEORI DIGITAL (NEW MEDIA)

Teori Digital sebenarnya adalah suatu konsep pemahaman mengenai Teknologi dan Sains. di mana Teori Ini terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Teori ini menyebabkan semua pekerjaan manusia yang tadinya dikerjakan secara manual, sekarang dapat dikerjakan secara otomatis. dan yang tadinya segala sesuatunya rumit, kini menjadi ringkas. Digital sendiri merupakan sesuatu yang kompleks dan bersitat fleksibel. hal ini membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. hal ini dikarenakan Teori Digital Sendiri selalu berhubungan dengan media dan media sendiri merupakan sesuatu yang terus berkembang seiring perkembangan zaman. Nah, pada saat ini, saya akan membahas tentang apa itu new media. new media sendiri merupakan media baru yang terbentuk sebagai akibat dari adanya interaksi antara manusia dan teknologi
New Media
Sedangkan New Media merupakan Media yang pada saat ini sekarang sedang berkembang dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Media ini berkembang baik dalam segi Teknologi, Komunikasi, Maupun Informasi:
Contoh New Media:
1.>Internet
2.>Computer
3.>Mobile Phone
4.>Web
5.>Dan lain sebagainya

Selain teknologi, new media juga tidak dapat dipisahkan dengan dunia digital. Hal Ini disebabkan karena sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh pada paradigma masyarakat tentang bagaimana cara pandang masyarakat dalam menghadapi suatu masalah baik yang bersifat sederhana maupun yang bersifat kompleks. 


 PEMANFAATAN NEW MEDIA

Youtube

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.

Twitter

Twitter juga merupakan alternatif social network selain yang berguna untuk menghubungkan manusia dengan manusia di seluruh dunia dengan fasilitas tweet-nya. banyak sekali artis dalam negeri yang menggunakan jejaring sosial ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar